Merencakan Kehamilan


hallo Dunia…,

Merencanakan Kehamilan, topik kali ini. Banyak faktor – faktor yang harus di perhatikan dalam menjaga kehamilan agar kelak kehamilan itu nantinya akan membawa kebahagian dan keberkahan untuk sang ibu dan juga semua keluarga.

Merencanakan kehamilan perlu dilakukan persiapan minimal 3 bulan sebelum kehamilan. hal yang perlu dilakukan diantaranya

1.Mengetahui kapan masa subur calon ibu datang. Menentukan masa subur, saat yang tepat untuk terjadinya pembuahan

Masa subur

Pj. siklus Hari-hari paling subur
26 hari Hari ke-8 s.d 14
28 hari Hari ke-10 s.d 16
30 hari Hari ke-12 s.d 18
Tak teratur Siklus terpendek – 18 = aSiklus terpanjang – 11 = bHari subur = hari ke a s.d b
Hari pertama menstruasi adalah hari ke-1

Tanda  –  tanda kesuburan :

  • Suhu tubuh berubah, meningkat saat masa subur
  • Perubahan di leher rahim, dan perubahan lendir di leher rahim yaitu lendir berwarna bening dan bila diregangkan tidak terputus.
  • Rasa sakit ovulasi
  • Bercak-bercak atau perdarahan pada pertengahan siklus (relatif)

2.  Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala terutama jika pernah mengalami keguguran

Kehamilan akan membawa perubahan secara fisiologis (normal) pada ibu, perubahan – perubahan tersebut wajar selama berlangsungnya proses kehamilan, setiap tahap kehamilan memiliki perubahan – perubahan yang khas seperti :

1.   Tiga bulan pertama

Hal – hal yang biasa dijumpai pada trimester pertama ini adalah :

a. Pemeriksaan kehamilan, dapat dilakukan dengan pemeriksaan air seni setelah terlambat haid minimal 2 minggu dari jadwal haid seharusnya.

b.  Taksiran persalinan dihitung dengan rumus HPHT (haid pertama haid terakhir) +7, bulan – 3, tahun + 1, misal HPHT 5 Juli 2000 taksiran persalinan = 5+7 = 12, 7-3 = 4, 2000+1 = 2001, jadi taksirannya adalah tanggal 12 bulan 4 tahun 2001

c.  Perbaikan gizi dan pertambahan berat badan.

Prinsip gizi untuk ibu hamil :

1. Makan 4 sehat 5 sempurna, perbanyak sayuran segar, biji-bijian, produk susu berkadar lemak rendah, makanan berprotein tinggi terutama pada 19 minggu pertama kehamilan untuk pembentukan sel-sel otak dan mulai minggu ke –18 konsumsilah kolin dalam jumlah yang besar untuk membentuk hubungan antar neuron pada janin yang cukup pesat. Sumber kolin : kuning telur, daging tanpa lemak, ragi, kedelai, kacang tanah, buncis, kacang polong, gandum, rumput laut.

2. Batasi makanan yang banyak mengandung gula, makanan kaleng dan diawetkan, serta makanan yang banyak mengandung bumbu penyedap dan zat pengawet

3. Garamilah makanan untuk memberi citarasa

4. Minumlah setiap kali merasa haus, minimal 3 liter sehari

5. Gunakan pelengkap kalsium, fluorida, besi dan asam folat sebagaimana yang dianjurkan petugas kesehatan

6. Hindari minum teh karena dapat mengeluarkan zat besi dari dalam tubuh.

7. Hindari asap rokok karena dapat menghalangi penyerapan vit. C oleh tubuh, selain berbahaya bagi janin.

Pertambahan berat badan selama rentang kehamilan :

  • Bagi yang sebelum hamil BB-nya kurang ideal maka pertambahan berat badan selama hamil ±
  • Bagi yang BB-nya sudah ideal atau gemuk ketika sebelum hamil pertambahan berat badan selama hamil ± 8-12 kg

Standar Nasional Diet bagi Ibu Hamil

Vitamin/mineral 19-22 th 23 th + Jumlah ekstra untuk ditambahkan jika anda hamil
Protein (gr) 44 44 + 30
Vitamin A (µg) 800 800 + 200
Vitamin D (µg) 7,5 5 + 5
Vitamin D (mg) 8 8 + 2
Vitamin C (mg) 60 60 + 60
Thiamin/B1 (mg) 1,1 1 + 0,4
Ribovlafin /B2 (mg) 1,3 1,2 + 0,3
Niacin (mg) 14 13 + 2
Vitamin B6 (mg) 2 2 + 0,6
Folacin /as. folat (µg) 400 400 + 400
Vitamin B12 (µg) 3 3 + 1
Kalsium (mg) 800 800 + 400
Fosphor (mg) 800 800 + 400
Magnesium (mg) 300 300 + 150
Besi (mg) 18 18 + 30-60
Seng (mg) 15 15 + 5
Iodin (mg) 150 150 + 25

d. Pertumbuhan Janin

Pada trimester pertama ini merupakan masa pembentukan organ dan jantung mulai berfungsi, hal yang harus diperhatikan, ibu tidak boleh meminum sembarang obat tanpa seizin dokter kandungan / bidan, hindari polusi berlebihan misal CO, radiasi (foto rontgent dll) serta zat kimia lainnya serta suhu yang berlebihan seperti masak dengan menggunakan microwave. Hati-hati melakukan hubungan intim, terutama yang mempunyai riwayat keguguran dianjurkan untuk tidak melakukannya.

e. Ayah yang menunggu anak

Dukungan secara psikologis dan fisik sangat diperlukan karena pada masa ini adalah masa yang sensitif bagi seorang ibu ketika sedang mengandung anaknya.

2. Tiga bulan yang tengah

a.  Kebutuhan gizi

Kebutuhan gizi tetap menjadi perhatian terutama protein sekitar 1,5 gr/kg BB karena trimester II ini merupakan masa yang pesat dalam pembentukan otak dan sel-sel saraf.

b.  Keluhan – keluhan umum dan cara mengatasinya

1. Rasa nyeri perut

Akibat otot yang menahan rahim semakin meregang ketika rahim semakin besar. Cara mengatasinya cukup dengan istirahat. Kesegaran jasmani dengan latihan yang teratur dapat mengurangi resiko sakit ini.

2. Sakit punggung

Akibat ligamen dan persendian punggung dan panggul mengendur selama paruh kehamilan, sehingga tulang ini mudah teregang. Sebaiknya tidur tidak dalam posisi melengkung, beri ganjalan pada punggung anda, pakai sepatu bertelapak rendah. Bila pegal dimalam hari mintalah partner anda untuk memijatnya.

3. Perubahan payudara

Payudara semakin lunak dan ukurannya meningkat. Diusia 28 minggu kehamilan biasanya payudara mulai menghasilkan kolostrum. Untuk mencegah payudara lecet saat menyusui lakukan perawatan payudara minimal 6 minggu sebelum melahirkan dengan cara menggosok payudara denan washlap atau handuk selama 1-2 menit ketika mandi serta melakukan massage.

4. Kesulitan bernafas

Akibat rahim yang semakin besar mendesak organ diatasnya termasauk paru-paru selain pengaruh hormon yang mempercepat pernafasan, untuk mengurangi sesak ini duduklah atau berdiri dengan tegak atau angkatlah kedua tangan diatas kepala kemudian aturlah pernafasan anda. Sebaiknya lakukan latihan pernafasan.

5. Perubahan peredaran darah

Adanya varises akibat tekanan pada pembuluh darah di kaki. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Anda bisa mengurangi pembengkakan selama siang hari dengan cara mengangkat kaki selama 30-45 menit.

6. Sembelit

Diakibatkan oleh pengaruh hormon yang memperlambat gerakan usus disamping gerakan lambat ini berfungsi untuk penyerapan sari-sari makanan lebih banyak. Untuk mengatasinya banyaklah makan makanan yang berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan.

7. Kontraksi

Kontraksi palsu (Braxton Hicks) merupakan kontraksi normal yang terjadi 20 pekan sebelum kelahiran, hal ini berguna untuk mempersiapkan kontraksi rahim yang sesungguhnya saat melahirkan berlangsung sekitar 1 menit dan datang dengan selang waktu yang tidak teratur dan dapat hilang dengan sendirinya (tidak semakin kuat).

8. Perubahan rambut

Ada yang mengalami kerontokan ataupun mudah kusust setelah disisir.

9. Sakit kepala

Disebabakan oleh meningkatnya aliran darah atau karena kelelahan, ketegangan dan perubahan hormon. Istirahat dan relaksasi dapat membantu.

10. Panas perut

Rasa kembung yang tidak enak, sakit atau rasa terbakar karena desakan rahim ke arah lambung. Hindari makanan yang banyak mengandung bumbu, bawang merah atau sayuran yang mengandung gas seperti bengkoang, kol serta tiduran sesudah makan.

11. Wasir

Hindari makanan pedas sebelum dan ketika hamil, mengejan saat BAB, makanlah makanan yang berserat tinggi. Lakukan latihan pengencangan otot sekitar anus.

12. Hidung tersumbat

Peningkatan peredaran darah ke hidung kadang-kadang menyebabkan hidung seperti tersumbst terus atau perasaan selesma.

13. Mimisan dan gusi berdarah

Pembuluh darah yang kurang elastis disamping adanya peningkatan darah ke pembuluh darah di hidung menyebabkan terjadinya mimisan. Jika terjadi pencetlah hidung anda selama 5 menit dan bernafas melalui hidung serta tingkatkan konsumsi vitamin C.

14. Perubahan kulit

Naiknya hormon yang mempengaruhi pigmentasi kulit selama hamil terutama daerah perut, payudara, paha dan muka. Bila terasa gatal jangan digaruk karena dapat menimbulkan bekas guratan.

15. Kelelahan dan mudah pingsan

Akibat kelelahan dan tekanan darah yang rendah. Aturlah aktivitas anda dan perbaiki kembali gizi serta istirahat anda.

16. Sering b.a.k

Tekanan rahim kebawah apalagi bila kepala janin sudah berada dibawah akan menekan kandung kencing sehingga mudah beser. Kosongkan kandung kemih setiap 2 jam jangan biasakan menahan buang air kecil.

17. Keluaran vagina

Akibat perubahan hormon dan peningkatan peredaran darah ke vagina berwarna putih bisa kental atau cair selama tidak menimbulkan gatal, rasa panas atau bengkak pada vagina hal ini normal seringlah mengganti pakaian dalam anda dan terbuat dari katun.

c. Gerakan janin

Gerakan janin dapat dirasakan oleh ibu yang pertama kali hamil sekitar 18 minggu kehamilan dan ibu yang pernah hamil sekitar 16 minggu kehamilan, hal ini karena ibu yang pernah hamil biasanya lebih peka terhadap gerakan yang terjadi karena pernah mengalami sebelumnya.

Gerakan normal adalah gerakan janin yang semakin lama semakin banyak dan kuat seiring dengan usia kehamilan minimal 10 x gerakan sehari atau 7x/20 menit. Pada usia 36 minggu kehamilan puncak gerakan yang kuat dan banyak sementara di usia 38 minggu keatas agak menurun kuantitasnya tetapi gerakan tetap kuat karena kepala sudah masuk panggul. Cara menghitung gerakan sebaiknya dilakukan pagi hari sekitar pukul 7-10 pagi sehabis sarapan dan anda dalam keadaan istirahat karena biasanya bayi aktif setelah mendapat cukup kebutuhan glukosa dari ibunya.

Bayi sekarat. Harus mengetahui dulu pola gerakan yang biasa terjadi pada janin anda, jika gerakan semakin lemah atau aktif sekali (blingsatan) tidak seperti biasanya, usahakan dulu pertolongan sebagai berikut :

Ø Mula mula minumlah 8 oz sari jeruk atau minuman berkadar gula tinggi lainnya

Ø Berbaringlah miring ke kiri selama 1 jam sambil perhatikan dan hitung gerakan janin

Ø Jika anda hanya mendapatkan 3 hitungan atau kurang segera hubungi petugas kesehatan

Stimulasi pralahir

Biasakan janin anda untuk diajak berkomunikasi baik oleh ibu maupun ayahnya, walaupun janin belum bisa menangkap secara utuh pesan yang kita sampaikan (baca : Cara baru mendidik anak sejak dalam kandungan)

3. Tiga bulan terakhir

§ Perubahan tubuh menjelang persalinan

Ruangan panggul pada wanita hamil mengalami perubahan, pada usia 2-3 pekan sebelum melahirkan kepala janin sudah mapan ke dalam ruangan panggul (primi/pertama kali hamil) dan pada multi (lebih dari satu kali hamil) pemapanan terjadi setelah nyeri persalinan mulai.

§ Manfaat latihan olahraga

Olahraga penting untuk kelancaran proses melahirkan diantaranya latihan pernafasan, penguatan otot perut, pelvis dan perineum dapat dilakukan dengan latihan senam hamil, jalan kaki di pagi hari sekitar 30 menit sehari dan renang.

About these ads
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: