Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Putri


Hallo Mom’s…

Kali ini saya pengen ngebahas soal Kesehatan Reproduksi, merupakan isu yang sangat krusial untuk diperhatikan, baik bagi wanita yang sudah menikah, wanita muda dan terutama bagi para remaja. Sudah menjadi rahasia umum bahwa di jaman modern ini jumlah remaja putri berusia belasan tahun yang sudah melakukan hubungan seks meningkat tajam. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini, diantaranya degradasi moral, kurang dididik norma-norma keagamaan, rasa ingin tahu dan kebutuhan ekonomi.

Para remaja ini melakukan hubungan seks pra-nikah tanpa memiliki pengetahuan serta bekal yang cukup mengenai kesehatan reproduksi mereka serta akibat dan dampak yang mungkin timbul di kemudian hari. Membekali para remaja dengan dasar-dasar agama sangat mutlak diperlukan, tetapi tidak kalah penting untuk membekali mereka dengan pengetahuan yang memadai mengenai kesehatan reproduksi serta peran alat-alat reproduksi mereka.

Dapat dipastikan bahwa sebagian besar dari para remaja yang sudah aktif secara seksual tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kesehatan reproduksi mereka. Selain masalah kesehatan reproduksi, para remaja ini umumnya kurang peduli dengan resiko-resiko tertentu yang harus mereka tanggung.

Resiko seperti kemungkinan hamil di luar nikah sangat besar, jika hal ini terjadi mereka harus memutuskan apakah tetap memelihara janin tersebut dengan segala resikonya atau melakukan aborsi dengan segala resikonya juga, yang bahkan bisa menyebabkan kematian. Resiko lain yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi remaja putri adalah bahwa mereka memiliki peluang tingkat kesehatannya menurun jika harus melahirkan pada usia yang masih belia karena belum siap dan belum matangnya organ-organ reproduksi mereka untuk melakukan tugas itu. Selain itu mereka juga berpotensi untuk tertular berbagai jenis penyakit kelamin dan bahkan virus HIV/AIDS.

Resiko psikis juga sangat besar dampaknya terhadap masa depan mereka yang masih panjang. Itulah sebabnya orang tua, guru dan masyarakat harus mulai melakukan sebuah langkah nyata untuk membekali para remaja putri ini dengan pengetahuan yang memadai mengenai kesehatan reproduksi dan dampaknya bagi kehidupan mereka.

Photobucket

Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Putri

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: